Assalamualaikum,
Mengganti velg merupakan salah satu jenis modifikasi yang umum dilakukan pemilik mobil. Modifikasi tersebut dapat membut mobil seakan memiliki wajah baru dan tampil lebih sporty. Namun mengganti velg bukanlah sekedar memilih motif, ada beberapa faktor penting lain yang perlu diperhitungkan.
Layaknya sepatu, jika ukurannya kurang tepat maka akan mengganggu kenyamanan saat digunakan berjalan. Begitu juga dengan mengganti velg, salah perhitungan dapat membuat mobil tersebut tidak nyaman dikemudikan, menjadi boros, merusak kaki-kaki, atau bahkan menyebabkan kecelakaan.
Oleh karena itu jika Anda memutuskan mengganti velg standard dengan model aftermarket, jangan terburu nafsu melihat model yang ditawarkan. Perhatikan beberapa faktor penting berikut ini :
Spesifikasi
Setiap velg mobil memiliki ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) yang berbeda. Ukuran PCD velg ditetapkan berdasarkan jarak antara lubang baut yang satu dengan yang lainnya. Ukuran PCD ini dapat dilihat pada spesifikasi yang tertera di velg. Contohnya jika pada velg tertulis 4×100, artinya
velg tersebut memiliki 4 lubang baut dengan PCD 100 mm.
Berikutnya adalah offset, yaitu ukuran jarak antara bagian dalam tengah velg dengan permukaan mounting (dudukan) velg pada kaki-kaki mobil. Ukuran offset menentukan jarak keluar atau masuknya bibir luar velg dari fender mobil, ini karena dipengaruhi ketebalan lingkaran tengah pada bagian dalam velg yang akan bersinggungan dengan permukaan mounting velg mobil.
Semakin kecil nilai offset maka bibir luar velg semakin keluar dari fender, dan sebaliknya semakin besar nilai offset berarti bagian depan velg akan semakin ke dalam fender.
Spesifikasi lain yang juga harus diperhitungkan adalah ukuran diameter dan lebar velg, sebab setiap mobil memiliki ukuran velg maksimal. Oleh karena itu jika Anda memutuskan mengganti velg dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya, maka sebaiknya peningkatan ukuran velg yang dipilih masih
pada kisaran yang dapat ditoleransi, yaitu sebanyak 3 tahap atau dikenal dengan istilah up size +3. Begitu juga dengan lebar velg, sesuaikanlah dengan batas maksimal mobil.
Material
Velg aftermarket biasanya terbuat dari jenis logam ringan seperti billet steel, forged alloy, atau magnesium bila dibandingkan dengan velg standard yang umumnya terbuat dari material baja.
Dengan menggunakan velg yang lebih ringan namun berkualitas, maka bobot keseluruhan mobil dapat berkurang tanpa mengesampingkan daya tahan velg itu sendiri. Dan dengan kaki yang lebih ringan maka beban kerja mesin pun berkurang, yang secara otomatis turut mengurangi konsumsi bahan bakar.
Contohnya seperti Enkei, Speedline, TRD, Mugen dan Weld Racing yang tersedia mulai dari ukuran 14 hingga 19 inci dengan harga bervariasi mulai dari Rp 5 jutaan satu set.
Model
Tak dapat dipungkiri bahwa mengganti model velg dapat merubah tampilan dan meningkatkan keanggunan serta gaya sebuah mobil. Untuk itu sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan selera, seperti memilih aliran off road, touring, sporty atau elegance.
Saat ini di pasar aftermarket, tersedia berbagai pilihan model velg ada yang berbentuk satu bagian (one piece) hingga tiga bagian (three pieces). Namun kedua jenis velg tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.
Model one piece biasanya lebih tahan lama karena modelnya hadir dalam bentuk utuh. Tetapi, model ini biasanya memiliki bobot lebih berat dan memiliki pilihan motif yang terbatas. Sedangkan model three pieces unggul dalam hal komponen pengganti. Jadi bila salah satu bagian velg rusak, dapat
diganti dengan yang baru. Dengan kata lain Anda tidak perlu repot mengganti seluruh roda. Selain itu, velg model 3 potong ini memiliki bobot yang ringan, sehingga dapat mendukung kinerja mesin dan mobil dapat berakselerasi lebih baik. Namun model ini tidak sekokoh model one piece.
Bebeberapa contoh velg keluaran Eropa yang ditawarkan dengan konsep three piece diantaranya adalah AMG, Carlsson, atau Project Kahn. Alternatif lainnya adalah DPE, Vellano dan HRE yang merupakan produk buatan Amerika Serikat. Biasanya velg model 3 bagian tersebut memiliki ukuran relatif besar, mulai dari R 19 hingga R 22. Dan kisaran harganya mulai dari Rp.
60 jutaan (4 buah).
Sementara untuk model one pieces tersedia lebih banyak pilihan merek dan motif, Seperti K-Speed, Pegassus, BBS, Enkei, Lorinser atau 5 Zigen. Untuk ukuran R 16 hingga R 18 inci harganya berkisar antara Rp. 3 sampai 5 jutaan. (accnews / carmall / image: google.com)
__________________________________________________________________________________
Maniak Otomotif - Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok,
Pernahkan sobat otomaniak mengalami ini, pada saat mengendarai sepeda
motor, tiba-tiba sepeda olengh dan rasanya motor mau jatuh, hemm kalau
udah pernah pasti tahu khan penyebabnya! Yups betul sekali itu akibat
Velg sepeda motor kita bengkok, rusak ataupun retak teman, nah jika itu
terus dibiarkan, lama-kelamaan akan membahayakan pengendara bisa-bia
membahayakan jiwa kita, dan kabar baiknya kali ini kita akan ngebahas
Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok.
Pengertian velg
rusak adalah ada bagian yang lonjong dan speleng alias tidak lurus
(center) dengan teromol, sementara jenis jari-jari saja, lanjutnya, ada
beberapa macam. Jari-jari besi, aluminium, dan model palang (velg
racing), semuanya beda cara penanganannya. Kalau jari-jari bawaan pabrik
(standar), cukup setel ulang kekencangannya. Lain hal jika sudah jadi
angka 8 akibat kecelakaan, sebaiknya diganti. Adapun untuk jari-jari
aluminium yang lebih padat dan kaku dari yang besi, jadi
mengencangkannya harus kuat.
Melakukan perawatan
terhadap sepeda motor kesayangan agar lebih awet tentu saja harus
benar-benar teliti agar tidak ada bagian yang terlewatkan dari perawatan
rutin tersebut termasuk salah satunya yaitu memperhatikan bagian
kaki-kaki seperti velg. Ada kalanya kita tidak sadar kalau sebenarnya
motor yang kita miliki mengalami sedikit masalah ketika misalnya kita
menabrak lubang yang agak sedikit keras sehingga menyebabkan velg
menjadi mengembang, bengkok, penyok atau bahkan retak.
Lain lagi dengan
velg racing (casting wheel). Di sini ada dua kategori, bawaan pabrik dan
yang variasi. Bawaan motor lebih keras, sedangkan variasi lebih lunak.
Tidak lurusnya velg racing dikarenakan bibir velg cacat dan palangnya
ada yang bengkok. Untuk meluruskannya, bengkelnya tidak menggunakan
alat, tapi dengan cara manual, yakni diketok dengan pakai balok kayu. Seumpama
rusaknya parah dan bahan velg keras, sebelum diketok, dipanaskan lebih
dulu secukupnya. Saran saya, memanaskannya pakai api gas elpiji.
Panasnya stabil dan apinya kecil merata. Perlu diketahui, untuk velg
racing, bila sudah diperbaiki, hasilnya tidak bisa kembali sempurna 100
persen.
Nah sudah tahu khan teman Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok, Sekian apa yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung..
- See more at: http://oto-maniak.blogspot.com/2014/02/cara-mudah-memperbaiki-velg-motor-yang.html#sthash.Y8pShP3s.dpuf
Maniak Otomotif - Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok,
Pernahkan sobat otomaniak mengalami ini, pada saat mengendarai sepeda
motor, tiba-tiba sepeda olengh dan rasanya motor mau jatuh, hemm kalau
udah pernah pasti tahu khan penyebabnya! Yups betul sekali itu akibat
Velg sepeda motor kita bengkok, rusak ataupun retak teman, nah jika itu
terus dibiarkan, lama-kelamaan akan membahayakan pengendara bisa-bia
membahayakan jiwa kita, dan kabar baiknya kali ini kita akan ngebahas
Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok.
Pengertian velg
rusak adalah ada bagian yang lonjong dan speleng alias tidak lurus
(center) dengan teromol, sementara jenis jari-jari saja, lanjutnya, ada
beberapa macam. Jari-jari besi, aluminium, dan model palang (velg
racing), semuanya beda cara penanganannya. Kalau jari-jari bawaan pabrik
(standar), cukup setel ulang kekencangannya. Lain hal jika sudah jadi
angka 8 akibat kecelakaan, sebaiknya diganti. Adapun untuk jari-jari
aluminium yang lebih padat dan kaku dari yang besi, jadi
mengencangkannya harus kuat.
Melakukan perawatan
terhadap sepeda motor kesayangan agar lebih awet tentu saja harus
benar-benar teliti agar tidak ada bagian yang terlewatkan dari perawatan
rutin tersebut termasuk salah satunya yaitu memperhatikan bagian
kaki-kaki seperti velg. Ada kalanya kita tidak sadar kalau sebenarnya
motor yang kita miliki mengalami sedikit masalah ketika misalnya kita
menabrak lubang yang agak sedikit keras sehingga menyebabkan velg
menjadi mengembang, bengkok, penyok atau bahkan retak.
Lain lagi dengan
velg racing (casting wheel). Di sini ada dua kategori, bawaan pabrik dan
yang variasi. Bawaan motor lebih keras, sedangkan variasi lebih lunak.
Tidak lurusnya velg racing dikarenakan bibir velg cacat dan palangnya
ada yang bengkok. Untuk meluruskannya, bengkelnya tidak menggunakan
alat, tapi dengan cara manual, yakni diketok dengan pakai balok kayu. Seumpama
rusaknya parah dan bahan velg keras, sebelum diketok, dipanaskan lebih
dulu secukupnya. Saran saya, memanaskannya pakai api gas elpiji.
Panasnya stabil dan apinya kecil merata. Perlu diketahui, untuk velg
racing, bila sudah diperbaiki, hasilnya tidak bisa kembali sempurna 100
persen.
Nah sudah tahu khan teman Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok, Sekian apa yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung..
- See more at: http://oto-maniak.blogspot.com/2014/02/cara-mudah-memperbaiki-velg-motor-yang.html#sthash.Y8pShP3s.dpuf
Maniak Otomotif - Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok,
Pernahkan sobat otomaniak mengalami ini, pada saat mengendarai sepeda
motor, tiba-tiba sepeda olengh dan rasanya motor mau jatuh, hemm kalau
udah pernah pasti tahu khan penyebabnya! Yups betul sekali itu akibat
Velg sepeda motor kita bengkok, rusak ataupun retak teman, nah jika itu
terus dibiarkan, lama-kelamaan akan membahayakan pengendara bisa-bia
membahayakan jiwa kita, dan kabar baiknya kali ini kita akan ngebahas
Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok.
Pengertian velg
rusak adalah ada bagian yang lonjong dan speleng alias tidak lurus
(center) dengan teromol, sementara jenis jari-jari saja, lanjutnya, ada
beberapa macam. Jari-jari besi, aluminium, dan model palang (velg
racing), semuanya beda cara penanganannya. Kalau jari-jari bawaan pabrik
(standar), cukup setel ulang kekencangannya. Lain hal jika sudah jadi
angka 8 akibat kecelakaan, sebaiknya diganti. Adapun untuk jari-jari
aluminium yang lebih padat dan kaku dari yang besi, jadi
mengencangkannya harus kuat.
Melakukan perawatan
terhadap sepeda motor kesayangan agar lebih awet tentu saja harus
benar-benar teliti agar tidak ada bagian yang terlewatkan dari perawatan
rutin tersebut termasuk salah satunya yaitu memperhatikan bagian
kaki-kaki seperti velg. Ada kalanya kita tidak sadar kalau sebenarnya
motor yang kita miliki mengalami sedikit masalah ketika misalnya kita
menabrak lubang yang agak sedikit keras sehingga menyebabkan velg
menjadi mengembang, bengkok, penyok atau bahkan retak.
Lain lagi dengan
velg racing (casting wheel). Di sini ada dua kategori, bawaan pabrik dan
yang variasi. Bawaan motor lebih keras, sedangkan variasi lebih lunak.
Tidak lurusnya velg racing dikarenakan bibir velg cacat dan palangnya
ada yang bengkok. Untuk meluruskannya, bengkelnya tidak menggunakan
alat, tapi dengan cara manual, yakni diketok dengan pakai balok kayu. Seumpama
rusaknya parah dan bahan velg keras, sebelum diketok, dipanaskan lebih
dulu secukupnya. Saran saya, memanaskannya pakai api gas elpiji.
Panasnya stabil dan apinya kecil merata. Perlu diketahui, untuk velg
racing, bila sudah diperbaiki, hasilnya tidak bisa kembali sempurna 100
persen.
Nah sudah tahu khan teman Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok, Sekian apa yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung..
- See more at: http://oto-maniak.blogspot.com/2014/02/cara-mudah-memperbaiki-velg-motor-yang.html#sthash.Y8pShP3s.dpuf
Maniak Otomotif - Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok,
Pernahkan sobat otomaniak mengalami ini, pada saat mengendarai sepeda
motor, tiba-tiba sepeda olengh dan rasanya motor mau jatuh, hemm kalau
udah pernah pasti tahu khan penyebabnya! Yups betul sekali itu akibat
Velg sepeda motor kita bengkok, rusak ataupun retak teman, nah jika itu
terus dibiarkan, lama-kelamaan akan membahayakan pengendara bisa-bia
membahayakan jiwa kita, dan kabar baiknya kali ini kita akan ngebahas
Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok.
Pengertian velg
rusak adalah ada bagian yang lonjong dan speleng alias tidak lurus
(center) dengan teromol, sementara jenis jari-jari saja, lanjutnya, ada
beberapa macam. Jari-jari besi, aluminium, dan model palang (velg
racing), semuanya beda cara penanganannya. Kalau jari-jari bawaan pabrik
(standar), cukup setel ulang kekencangannya. Lain hal jika sudah jadi
angka 8 akibat kecelakaan, sebaiknya diganti. Adapun untuk jari-jari
aluminium yang lebih padat dan kaku dari yang besi, jadi
mengencangkannya harus kuat.
Melakukan perawatan
terhadap sepeda motor kesayangan agar lebih awet tentu saja harus
benar-benar teliti agar tidak ada bagian yang terlewatkan dari perawatan
rutin tersebut termasuk salah satunya yaitu memperhatikan bagian
kaki-kaki seperti velg. Ada kalanya kita tidak sadar kalau sebenarnya
motor yang kita miliki mengalami sedikit masalah ketika misalnya kita
menabrak lubang yang agak sedikit keras sehingga menyebabkan velg
menjadi mengembang, bengkok, penyok atau bahkan retak.
Lain lagi dengan
velg racing (casting wheel). Di sini ada dua kategori, bawaan pabrik dan
yang variasi. Bawaan motor lebih keras, sedangkan variasi lebih lunak.
Tidak lurusnya velg racing dikarenakan bibir velg cacat dan palangnya
ada yang bengkok. Untuk meluruskannya, bengkelnya tidak menggunakan
alat, tapi dengan cara manual, yakni diketok dengan pakai balok kayu. Seumpama
rusaknya parah dan bahan velg keras, sebelum diketok, dipanaskan lebih
dulu secukupnya. Saran saya, memanaskannya pakai api gas elpiji.
Panasnya stabil dan apinya kecil merata. Perlu diketahui, untuk velg
racing, bila sudah diperbaiki, hasilnya tidak bisa kembali sempurna 100
persen.
Nah sudah tahu khan teman Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok, Sekian apa yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung..
- See more at: http://oto-maniak.blogspot.com/2014/02/cara-mudah-memperbaiki-velg-motor-yang.html#sthash.Y8pShP3s.dpuf
Maniak Otomotif - Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok,
Pernahkan sobat otomaniak mengalami ini, pada saat mengendarai sepeda
motor, tiba-tiba sepeda olengh dan rasanya motor mau jatuh, hemm kalau
udah pernah pasti tahu khan penyebabnya! Yups betul sekali itu akibat
Velg sepeda motor kita bengkok, rusak ataupun retak teman, nah jika itu
terus dibiarkan, lama-kelamaan akan membahayakan pengendara bisa-bia
membahayakan jiwa kita, dan kabar baiknya kali ini kita akan ngebahas
Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok.
Pengertian velg
rusak adalah ada bagian yang lonjong dan speleng alias tidak lurus
(center) dengan teromol, sementara jenis jari-jari saja, lanjutnya, ada
beberapa macam. Jari-jari besi, aluminium, dan model palang (velg
racing), semuanya beda cara penanganannya. Kalau jari-jari bawaan pabrik
(standar), cukup setel ulang kekencangannya. Lain hal jika sudah jadi
angka 8 akibat kecelakaan, sebaiknya diganti. Adapun untuk jari-jari
aluminium yang lebih padat dan kaku dari yang besi, jadi
mengencangkannya harus kuat.
Melakukan perawatan
terhadap sepeda motor kesayangan agar lebih awet tentu saja harus
benar-benar teliti agar tidak ada bagian yang terlewatkan dari perawatan
rutin tersebut termasuk salah satunya yaitu memperhatikan bagian
kaki-kaki seperti velg. Ada kalanya kita tidak sadar kalau sebenarnya
motor yang kita miliki mengalami sedikit masalah ketika misalnya kita
menabrak lubang yang agak sedikit keras sehingga menyebabkan velg
menjadi mengembang, bengkok, penyok atau bahkan retak.
Lain lagi dengan
velg racing (casting wheel). Di sini ada dua kategori, bawaan pabrik dan
yang variasi. Bawaan motor lebih keras, sedangkan variasi lebih lunak.
Tidak lurusnya velg racing dikarenakan bibir velg cacat dan palangnya
ada yang bengkok. Untuk meluruskannya, bengkelnya tidak menggunakan
alat, tapi dengan cara manual, yakni diketok dengan pakai balok kayu. Seumpama
rusaknya parah dan bahan velg keras, sebelum diketok, dipanaskan lebih
dulu secukupnya. Saran saya, memanaskannya pakai api gas elpiji.
Panasnya stabil dan apinya kecil merata. Perlu diketahui, untuk velg
racing, bila sudah diperbaiki, hasilnya tidak bisa kembali sempurna 100
persen.
Nah sudah tahu khan teman Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok, Sekian apa yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung..
- See more at: http://oto-maniak.blogspot.com/2014/02/cara-mudah-memperbaiki-velg-motor-yang.html#sthash.Y8pShP3s.dpuf
Maniak Otomotif - Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok,
Pernahkan sobat otomaniak mengalami ini, pada saat mengendarai sepeda
motor, tiba-tiba sepeda olengh dan rasanya motor mau jatuh, hemm kalau
udah pernah pasti tahu khan penyebabnya! Yups betul sekali itu akibat
Velg sepeda motor kita bengkok, rusak ataupun retak teman, nah jika itu
terus dibiarkan, lama-kelamaan akan membahayakan pengendara bisa-bia
membahayakan jiwa kita, dan kabar baiknya kali ini kita akan ngebahas
Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok.
Pengertian velg
rusak adalah ada bagian yang lonjong dan speleng alias tidak lurus
(center) dengan teromol, sementara jenis jari-jari saja, lanjutnya, ada
beberapa macam. Jari-jari besi, aluminium, dan model palang (velg
racing), semuanya beda cara penanganannya. Kalau jari-jari bawaan pabrik
(standar), cukup setel ulang kekencangannya. Lain hal jika sudah jadi
angka 8 akibat kecelakaan, sebaiknya diganti. Adapun untuk jari-jari
aluminium yang lebih padat dan kaku dari yang besi, jadi
mengencangkannya harus kuat.
Melakukan perawatan
terhadap sepeda motor kesayangan agar lebih awet tentu saja harus
benar-benar teliti agar tidak ada bagian yang terlewatkan dari perawatan
rutin tersebut termasuk salah satunya yaitu memperhatikan bagian
kaki-kaki seperti velg. Ada kalanya kita tidak sadar kalau sebenarnya
motor yang kita miliki mengalami sedikit masalah ketika misalnya kita
menabrak lubang yang agak sedikit keras sehingga menyebabkan velg
menjadi mengembang, bengkok, penyok atau bahkan retak.
Lain lagi dengan
velg racing (casting wheel). Di sini ada dua kategori, bawaan pabrik dan
yang variasi. Bawaan motor lebih keras, sedangkan variasi lebih lunak.
Tidak lurusnya velg racing dikarenakan bibir velg cacat dan palangnya
ada yang bengkok. Untuk meluruskannya, bengkelnya tidak menggunakan
alat, tapi dengan cara manual, yakni diketok dengan pakai balok kayu. Seumpama
rusaknya parah dan bahan velg keras, sebelum diketok, dipanaskan lebih
dulu secukupnya. Saran saya, memanaskannya pakai api gas elpiji.
Panasnya stabil dan apinya kecil merata. Perlu diketahui, untuk velg
racing, bila sudah diperbaiki, hasilnya tidak bisa kembali sempurna 100
persen.
Nah sudah tahu khan teman Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok, Sekian apa yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung..
- See more at: http://oto-maniak.blogspot.com/2014/02/cara-mudah-memperbaiki-velg-motor-yang.html#sthash.Y8pShP3s.dpuf
Maniak Otomotif - Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok,
Pernahkan sobat otomaniak mengalami ini, pada saat mengendarai sepeda
motor, tiba-tiba sepeda olengh dan rasanya motor mau jatuh, hemm kalau
udah pernah pasti tahu khan penyebabnya! Yups betul sekali itu akibat
Velg sepeda motor kita bengkok, rusak ataupun retak teman, nah jika itu
terus dibiarkan, lama-kelamaan akan membahayakan pengendara bisa-bia
membahayakan jiwa kita, dan kabar baiknya kali ini kita akan ngebahas
Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok.
Pengertian velg
rusak adalah ada bagian yang lonjong dan speleng alias tidak lurus
(center) dengan teromol, sementara jenis jari-jari saja, lanjutnya, ada
beberapa macam. Jari-jari besi, aluminium, dan model palang (velg
racing), semuanya beda cara penanganannya. Kalau jari-jari bawaan pabrik
(standar), cukup setel ulang kekencangannya. Lain hal jika sudah jadi
angka 8 akibat kecelakaan, sebaiknya diganti. Adapun untuk jari-jari
aluminium yang lebih padat dan kaku dari yang besi, jadi
mengencangkannya harus kuat.
Melakukan perawatan
terhadap sepeda motor kesayangan agar lebih awet tentu saja harus
benar-benar teliti agar tidak ada bagian yang terlewatkan dari perawatan
rutin tersebut termasuk salah satunya yaitu memperhatikan bagian
kaki-kaki seperti velg. Ada kalanya kita tidak sadar kalau sebenarnya
motor yang kita miliki mengalami sedikit masalah ketika misalnya kita
menabrak lubang yang agak sedikit keras sehingga menyebabkan velg
menjadi mengembang, bengkok, penyok atau bahkan retak.
Lain lagi dengan
velg racing (casting wheel). Di sini ada dua kategori, bawaan pabrik dan
yang variasi. Bawaan motor lebih keras, sedangkan variasi lebih lunak.
Tidak lurusnya velg racing dikarenakan bibir velg cacat dan palangnya
ada yang bengkok. Untuk meluruskannya, bengkelnya tidak menggunakan
alat, tapi dengan cara manual, yakni diketok dengan pakai balok kayu. Seumpama
rusaknya parah dan bahan velg keras, sebelum diketok, dipanaskan lebih
dulu secukupnya. Saran saya, memanaskannya pakai api gas elpiji.
Panasnya stabil dan apinya kecil merata. Perlu diketahui, untuk velg
racing, bila sudah diperbaiki, hasilnya tidak bisa kembali sempurna 100
persen.
Nah sudah tahu khan teman Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok, Sekian apa yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung..
- See more at: http://oto-maniak.blogspot.com/2014/02/cara-mudah-memperbaiki-velg-motor-yang.html#sthash.Y8pShP3s.dpuf
Maniak Otomotif - Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok,
Pernahkan sobat otomaniak mengalami ini, pada saat mengendarai sepeda
motor, tiba-tiba sepeda olengh dan rasanya motor mau jatuh, hemm kalau
udah pernah pasti tahu khan penyebabnya! Yups betul sekali itu akibat
Velg sepeda motor kita bengkok, rusak ataupun retak teman, nah jika itu
terus dibiarkan, lama-kelamaan akan membahayakan pengendara bisa-bia
membahayakan jiwa kita, dan kabar baiknya kali ini kita akan ngebahas
Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok.
Pengertian velg
rusak adalah ada bagian yang lonjong dan speleng alias tidak lurus
(center) dengan teromol, sementara jenis jari-jari saja, lanjutnya, ada
beberapa macam. Jari-jari besi, aluminium, dan model palang (velg
racing), semuanya beda cara penanganannya. Kalau jari-jari bawaan pabrik
(standar), cukup setel ulang kekencangannya. Lain hal jika sudah jadi
angka 8 akibat kecelakaan, sebaiknya diganti. Adapun untuk jari-jari
aluminium yang lebih padat dan kaku dari yang besi, jadi
mengencangkannya harus kuat.
Melakukan perawatan
terhadap sepeda motor kesayangan agar lebih awet tentu saja harus
benar-benar teliti agar tidak ada bagian yang terlewatkan dari perawatan
rutin tersebut termasuk salah satunya yaitu memperhatikan bagian
kaki-kaki seperti velg. Ada kalanya kita tidak sadar kalau sebenarnya
motor yang kita miliki mengalami sedikit masalah ketika misalnya kita
menabrak lubang yang agak sedikit keras sehingga menyebabkan velg
menjadi mengembang, bengkok, penyok atau bahkan retak.
Lain lagi dengan
velg racing (casting wheel). Di sini ada dua kategori, bawaan pabrik dan
yang variasi. Bawaan motor lebih keras, sedangkan variasi lebih lunak.
Tidak lurusnya velg racing dikarenakan bibir velg cacat dan palangnya
ada yang bengkok. Untuk meluruskannya, bengkelnya tidak menggunakan
alat, tapi dengan cara manual, yakni diketok dengan pakai balok kayu. Seumpama
rusaknya parah dan bahan velg keras, sebelum diketok, dipanaskan lebih
dulu secukupnya. Saran saya, memanaskannya pakai api gas elpiji.
Panasnya stabil dan apinya kecil merata. Perlu diketahui, untuk velg
racing, bila sudah diperbaiki, hasilnya tidak bisa kembali sempurna 100
persen.
Nah sudah tahu khan teman Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Yang Bengkok, Sekian apa yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung..
- See more at: http://oto-maniak.blogspot.com/2014/02/cara-mudah-memperbaiki-velg-motor-yang.html#sthash.Y8pShP3s.dpuf
http://www.acc.co.id