Almarhum


Kukira baru taun kemarin temanku da yang mati, belum setahun sudah da yang mati lagi! Kenapa yang mati harus orang yang aq kenal?(dean kebetulan bae). Aq jadi teringat temanku yang satu ni, awalku kenal saat aq mengikuti LDK, dulu dia tidak berjilbab. Pertamaku melihatnya dia memakai jilbab, aq kira memang orang berjilbab ternyata besoknya g pke jilbab. Waktu LDK taun lalu dia termasuk dalam klompokku, klo g salah aq kasih nmr hpku ke klompokku dan yang pertama masuk ke hpku adalah nmrnya, aq sering tanya sesuatu untuk LDK waktu ntu. Saat sedang kumpul klompok aq pernah ngobrol, aq g nyangka klo ternyata dia jg ikut Pramuka dan PMR, pada saat aq juga ikut Pramuka dan PMR.
Saat LDK si Eka banyak mbantu aq dalam setiap masalah(sebenarnya semuanya jg ikt mbantu tapikn ni caranya lg menceritakan seseorang). Klo g salah saat mau LDK smua klompok di tanyain “pa konsekuensinya klo teman kalian da yang g datang”saat ntu aq rundingin ke blakang, saat ntu blakangku adalah Eka, aq bilang”gimana klo da yang g datang kita g usah ikut LDK?” si Eka langsung ketakutan “sembarangan klo g ikut LDK nanti g bisa jd OSIS(mungkin jwbny bgini aq mandan lupa).Banyak sekali kejadian saat LDK, menurutku dia anak yang tegar tapi sakitan, saat pertama brangkat ja si Eka pinksan di truk. Dan saat LDK kyanya si Eka juga g ikut kegiatanya full, memang mungkin fisiknya g begitu kuat. Sayang sekali aq g bisa bantu banyak saat LDK taun lalu.


Klo OSIS da LDK, Pramuka da GWKI. Si Eka ni udah ikut LDK masih ja mau ikut acara GWKI, y memang GWKI adalah salah satu syarat menjadi seorang DA(dewan ambalan), memang sih bukan cuman si Eka yang ikut LDK+GWKI. Sebenernya aq juga ikut tapi lagi g mud(pokokke klo lg g mud apapun anything that all aq g akan nglakukuin), aq sampai di tanya oleh Dan Asei knapa g ikut GWKI, klo aq bilang g mud pasti nalarnya g percaya(aq harus mencari alasan lain). Aq masih ingat waktu ntu aq ikut TMnya(technical meeting), da ceklis yang suruh bawa ketela(3), clana panjang Pramuka,dll. Ketala ni yang buat aq jd g mud, masa harus susah bawa ketela untuk pa? Mungkin si Eka tau aq g ikut GWKI, dia minjem clana panjang pramukaku, dia sms ke aq, aq bilang y aq bkal pinjemin. Hari berikutnya aq berpikir si Eka ntu perempuan nanti klo tiba2 ngucur darah(haid)clanaku bisa kotor(jijiih, klo hal2 yang benyek2 kya gitu aq g seneng), trus aq sms ke Eka. Saat aq mau kasihin aq bilang lagi hal ntu trus dia jawab(kira2 begini ktanya)”ya Alloh, g akan chom, pkoknya klo da dara2 gitu bakal aq cuci sampe bersih bgt”. Sebenernya sih ga papa soalnya bukan clanaku yang aq kasihin ke Eka tapi clana kakakku yang udah g kepake(hehehe). Saat GWKI berlangsung aq ngrus pa yang terjadi wong aq g ikut, sepulang mereka aq lihat da yang kakinya diperban dll(dalam hati”untung aq g ikut, pas LDK ja kakiku kutu airan).
Beberapa hari setelah GWKI clanaku ntu dikembalikan ke aq. Trus aq tanya lagi sesuai yang di atas dan dia menjawab”tenang ja chom udah aq cuci bersih”aq cium bau clanaku kyanya memang sudah wangi. Sebenernya mau tek masukin ke kumbahan lagi tapilah segitu kikirnyakah aq sama teman, jd langsung tekmasukin ja ke lemari. Begitu masuk kelas 2 aq lihat si Eka pake jilbab (dalam hati”Alhamdulillah), memang begitu naik kelas banyak wanita yang memakai jilbab yang tadinya g pakenya cuman klo pelajaran agama. Aq lebih seneng liat orang baru pake jilbab dan merubah sikapnya tetimbang orang yang sudah pake jilbab tapi kelakuannya ----------(kapan2 akan tek tulis artikelnya). Sebenarnya masih banyak kenangan yang lain terutama di Pramuka karena si Eka termasuk aktivis pramuka, mungkin kata2nya yang membela OSIS udah g da wong dia kyanya g ikut OSIS lagi.
Tiga hari (tepatnya hari senin klo g salah)yang lalu aq liat si Eka terdiam di sampingnya da temen2nya sedang membuka laptop. Aq cuek ja(maaf y aq sama wanita memang jarang nyapa aq ngrasa g penting jadi(belum masanya))biasanya da yang nyapa aq (hai chomri ato gimana)tp saat ntu seperti sepi. Aq kaget ja malam rebo aq dapat sms banyak yang pertama sekitar jam11an malem dan yang terakhir sekitar jam 6an pagi, isinya semua “inalilahi wa inailahi rojiun telah meninggal teman....(ni yang umumnya da variasi lainnya yang lain yang aq dapet)”. Sungguh g nyangka ketemu teman hanya setaun ja bahkan kurang, dulu juga sama aq berteman sama Faid cuman staun lebih sedikit, terakhir aq liat 3 hari sebelum mati sama kya liat terakhir si Eka ni. Aq jadi terngingat awal kelas 2 terakhirnya kali aq ngajak sholat dhuha katanya”yang wajibnya masih banyak yang bolong mau sunahnya” saat ntu aq nyanggah”klo kamu laper di meja hanya da mendoan nasinya belum da kamu mau nunggu nasinya da?” faid berkata”ya deh sekali-kali”, sungguh ntu kenangan yang g bisa dilupakan.
Eka sekarang jasadmu sudah dikubur, y sudahlah mau gimana lagi disuruh hidup lagi kyanya g mungkin, aq mandan kecewa kenapa terakhir aq ketemu malah aq cuekin. Ya ni akan jadi pelajaran bagiku dan bagi yang masih hidup bahwa”G semua yang muda bisa jadi tua”dan mungkin jadi pelajaranku untuk mencoba menyapa walaupun pada wanita, aq pernah baca hadis:
“laki-laki memberi salam kepada wanta dan wanita jangan memberi salam kepada laki-laki.” (HR. Ad-Dainuri)
Aq g tau hadis ni sohih ato g tapine InsyaAllah bisa dinalarlah.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ya selamat jalan

ke atas