5 hal prinsip

Assalamualaikum,


Ada 5 hal prinsip kenapa agama dipertahankan:


1. Agama

Asal seluruh ibadah adalah harom sampai ada perintah atasnya. Kenapa seperti itu? Seluruh ritual dalam agama dan kepercayaan apapun itu pada dasarnya adalah penghambaan manusia kepada sesuatu. Maka dari itulah Islam turun agar aqidah manusia kembali pada tauhid, penghambaan yang hakiki pada ALLOH SWT, Robb semesta alam yang tiada Illah yang patut disembah kecuali Dia. Sehingga manusia tidak menjadi hina karena penghambaan pada hal yang utopia, angan belaka.


2. Nyawa

Alasan kenapa agama diturunkan adalah kehormatan nyawa. Sebagaimana kita ketahui dari sejarah manusia. Selalu saja ada peperangan, bahkan sampai detik ini. ketika akhir masa pra Islam (Islam dari nabi Muhammad SAW, karena Nabi sebelumnya juga menyatakan bahwa mereka muslim, silahkan baca terjemahan Quran), di jazirah arab sering terjadi peperangan karena isu golongan. Mereka berperang untuk tujuan yang kecil seakan nyawa manusia tidak berguna.
Setelah turunnya Islam peperangan pun meredam. Bagaimana dengan jihad? Jihad adalah bukti bahwa nyawa manusia dihargai dengan sebuah gelar “syuhada”. Dan perlu menjadi perhatian bahwa expansi pada awal masa Islam tidak didasari peperangan karena haus kekuasaan. Kenyataannya pada beberapa momen, islam mampu disebarkan tanpa setetes darah jatuh ke Bumi (silahkan baca siroh).
Ada lagi. Tahukah anda kenapa Islam melarang babi, anjing, darah, khomr dan konsumsi lainnya? Silahkan tanyakan dokter atau ahli gizi. Pengharoman ini tidak lain adalah karena zatnya yang tidak baik dan merusak jiwa.


3. Harta

Dalam sistem sosialis hanya dikenal kepemilikan bersama, pada akhirnya sistem ini pun lenyap. Sekarang negara yang menyatakan memakai ideologi ini pada nyatanya ikut dalam kapitalisasi pasar global. Sistem ini tidak sesuai dengan hasrat manusia terhadap kebendaan.
Bagaimana dengan sistem kapitalis? Sistem ini memang menjadikan semangat persaingan. Tapi betapa kita lihat betapa banyak sistem yang disusun berdasar ideologi ini akhirnya membawa kepada suatu yang ganjil. Pernahkah mendengar istilah “perampokan oleh pemilik?”, itulah yang sebenarnya menjadi pembahasan century bukan isu politiknya. Dan perampokan serupa yang telah menjadikan berkali-kali terjadi krisis global (silahkan pelajari ekonomi makro atau sistem moneter dan bandingkan dengan kepemilikan modal secara Islam).
Bagaimana Islam? Islam mengakui kepemilikan pribadi dan juga memberikan jalan seluas-luasnya bagi manusia untuk berusaha tapi tidak merugikan orang lain. Membrikan hukum yang pasti akan usaha bersama. Dan juga menghimpun harta bersama dalam baitul mal (dari zakat, hasil perang, denda dll). 


4. Kehormatan

Saat kemenangan Islam pada perang Badr pertama, dirantailah para tawanan perang dari kaum kafir. Ini menjadi kebiasaan perang, tapi nabi melarangnya. Mereka yang mau masuk Islam dimerdekakan, tapi yang kafir tetap menjadi budak tawanan. Lah kok?
Tapi kita lihat erbedaannya. Masih ingatkan kisah bagaimana orang quraisy menyiksa para budaknya yang muslim? Ya begitulah kiranya keseharian mereka pada para budak. Tapi rosululloh menyuruh para majikan untuk tidak membebani terlalu berat kepada pembantunya dan kalau perlu membantunya.
Ada sebuah kisah setelah wafatnya Nabi. Dalam suatu perjalanan ditemukan seorang sahabat dan seorang budaknya memakain pekaian yang sama persis. Orang kaget kan? Kok majikan ma budak sama bagusnya baju mereka? Orang itu menjawab, aku pernah mendengar Nabi bersabda : jika kamu punya pembantu maka berilah mereka makan sebagaimana kamu makan, berilah pakaian sebagaimana yang kamu pakai, jangan membebaninya terlalu berat dan bantulah ia mengerjakannya (saya katakan ini hadits nabi berdasarkan ingatan saya, untuk kehati-hatian tolong segera dicek dan diedit bagi yang punya ilmunya)
Hal lain adalah kehormatan perempuan. Dalam banyak tempat pembahasan tentang perempuan ada kekhususan. Begitu pula di sini. Kita tahu betapa sejarah manusia pernah melaksanakan tradisi mewariskan istri ayahnya. Wah, betapa seorang perempuan diperlakukan sebagai barang. Dan sekarang mungkin lebih turun, tapi tetap masih ada. Beberapa pihak menjadikan perempuan sebagai komoditi. Semoga kalian dan keluarga kita terhindar dari ini.
Jelas yang seperti ini tidak ada dalam Islam. Bagaimana dengan isu poligami dan emansipasi perempuan. Tentang poligami, di angkatan saya ada 21 putra dari 78 mahasiswa. Silahkan buat kesimpulan sendiri kalau masih ada benturan pemikiran lanjut konsultasi ke ahli kesehatan. Tapi yo para ikhwan juga diberi tantangan “kalau bisa adil, kalau ga satu aja karena adil itu bukan sama rata tapi tepat rata”
Emansipasi perempuan (saya lebih senang memakai istilah perempuan, ada apa dengan istilah wanita?). dalam penggambaran Barat yang namanya emansipasi yo semua berhak melakukan hal yang sama. Akhirnya kalau kalian sempatkan mampir ke Masjid kampus UNS, silahkan lihat ibu-ibu juga menjadi kuli bangunan. Anda juga bisa perhatikan betapa para pegawai negeri perempuan meninggalkan anaknya yang baru lahir karena jatah cuti Cuma 3 bulan. Padahal ASI eksklusif selama enam bulan tidak boleh dijadwal. Terus gimana? Belum lagi para karyawan perempuan di perusahaan swasta yang tidak boleh menikah. Yo, malah terjadi hal-hal yang diinginkan (maaf, tapi biar sepaham silahkan baca buku psikologi), dan of course itu di luar pernikahan.
Apa seperti ini manusia? Dimana kehormatan manusia sebagai makhluk paling modern menurut klasifikasi biologi?


5. Akal

Sebab terkhir diturunkannya agama adalah akal. Ada hubungannya juga dengan pengharoman beberapa hal. Arak? Yo jelas merusak syaraf. Narkoba dan rokok. Walaupun ada ketimpangsiuran pendapat hukum rokok. Mari kita pelajari bersama. Dalam narkoba dan rokok terdapat zat yang sebenarnya diproduksi oleh otak dalam dosis yang kecil. Ini fungsinya agar kita lebih tenang dalam keadaan stres. Tapi dari dua benda ini mensuplai zat ini dalam jumlah atau dosis yang tinggi. Yo makanya akan nikmat ketika mengkonsumsinya, tapi ini akan menimbulkan kecanduan. Ibaratnya kalau kita senang main game di PS atau online, kita akan merasa mainan kita waktu di desa dulu sangat membosankan dan tidak memberi kesenangan. Yo itulah yang jadi kecanduan.
Padahal dosis inilah yang akan merusak akal. Makanya ini diharamkan. Dan mungkin ada alasan lain. Silahkan cari lagi.

Maha suci ALLOH, Robb semesta alam yang telah menurunkan cahaya Islam dengan maksud yang baik, yang menjaga manusia pada fitrohnya sebagai sebaik-baik makhluk.

1. demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,
2. dan demi bukit Sinai,
3. dan demi kota (Mekah) ini yang aman,
4. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya .
5. kemudian Kami kembalikan Dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),
6. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.
7. Maka Apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?
8. Bukankah Allah hakim yang seadil-adilnya?


Comments
1 Comments

1 komentar:

alchoer mengatakan...

Tahukah Anda???

ke atas