Hisab atau Hilal????


Assalamualaikum,

hilal harus 2 saksi laki-laki
Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:

Rasulullah saw. bersabda: Apabila engkau melihat hilal(awal bulan Ramadan), maka hendaklah engkau memulai puasa. Apabila engkau melihat hilal(awal bulan Syawal), maka hendaklah engkau berhenti puasa. Dan apabila tertutup awan, maka hendaklah engkau berpuasa selama 30 hari. (Shahih Muslim No.1808)


Inilah dalil yang menyeru kita untuk berpuasa pada waktu yg ditentukan. Dalil di atas berseru agar saat penentuan bulan itu hendaknya melihat bulan(hilal), namun jangan semuanya di tangkap lihat lanjutannya,"apabila tertutup awan, maka hendaklah enkau berpuasa selama 30 hari". Ya memang itu bukan dalil untuk hisab tp setidaknya nyrempet karena di zaman seperti ini akan lebih sulit melihat hilal jadi apa salahnya jika menggunakan perhitungan
hisab dengan manual



Dalam QS.Yunus: 5(artinya)
Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak[669]. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. 


hilal hanya boleh laki-laki


Walaupun tidak ada sambungan dengan bulan Ramadhan namun dalil ini bisa jadi dalil dihalalkanya Hisab atau ilmu perhitungan. Coba pikirkan adanya hisab adanya hilal seharusnya jangan jadi perdebatan namun melainkan menjadi pendukung. Hisab dibuktikan dengan Hilal bukan malah dilawan atau sebaliknya, namun jika diamati kenapa hilal heboh hanya pada awal dan akhir Ramadhan padahal bulan Hijriah bukan hanya Ramadhan? juga yang jadi pertanyaan apakah hilal hanya ada pada Ramadhan?




Ni ni kalo hanya cuman sekedar gengsi masuk neraka ajalah yang mempermasalahkan ini, mengapa? Jelaslah mereka harus menanggung dosa yang mereka sesatkan. Bisa jadi aneh mungkin jika hisab ada kemudian hilal juga ada di setiap waktunya jadinya baik tp yang aneh jadwal sholat ju
ga pake hisab.



hisab dengan teknologi
Ini makannya pemerintah memprogrmkan wajib belajar 9 tahun agar cerdas. Jujur saja saya lebih memilih hisab karena saya suka perhitungan dan logika bukan semata-mata gengsi, gerhana saja terbukti terjadi dengan waktu yang sudah terprediksi. Jadi terserah saja "Agama itu pake akal tapi jangan diakal-akali"

Ayo bangkit pemuda muslim!!!!






Comments
1 Comments

1 komentar:

alchoer mengatakan...

Mana ja yg penting halal

ke atas