Sebab => Akibat

Assalamualaikum, 

Inilah kekuasaan Allah, di dunia ini tidak ada suatu hal yang terjadi secara tiba2 atau hal yang mustahil pasti semuanya ada sebabnya kecuali tentang penciptaan yang sampai saat ini masih dalam keraguan oleh banyak pihak bagaimana penciptaan tejadi. Sangatlah sulit masuk akal jika ada suatu hal yang terjadi tanpa ada sebabnya, inilah yang membuat agar setiap manusia selalu berpikir tentang suatu hal, coba anda pikir apakah orang yang percaya akan tahayul pernah berpikir, jawabannya jelas pasti mereka berpikir namun apakah mereka berpikir tentang sebab akibat dalam arti suatu hal yang rasional?

Jika dalam ilmiahnya maka kita mengetahui hukum Newton yang mengatakan aksi = reaksi, jika suatu benda diam diberi gaya maka benda tersebut akan bergerak mana kala gayanya > gaya benda. Sama halnya dengan seseorang jika ada orang dijotos maka akan berakibat suatu rantai sebab akibat diawali dengan marah kemudian marah tersebut menjadi sebab yang berakibat balasan jotosan dari orang tersebut. Apalagi, misal ada mobil penyok itu disebabkan karena mobil tersebut pernah tabrakan, orang berjalan itu disebabkan adanya gesekan antara kaki dan bumi, orang membeli sesuatu itu disebabkan karena orang membutuhkan atau menginginkan sesuatu tersebut. Dulu guru smp saya bercerita suatu hari newton patah hati karena ditinggal pacarnya, kemudian dia pergi naik bus, saat sedang bus sudah melaju tiba2 di dipan ada kucing si supirpun berhenti mendadak serentak saat itu juga newton terdorong ke depan dan jatuh kemudian dia berpikir dan ditemukanlah hukum newton, dalam hati saya berpikir memang dulu sudah ada busway/transjakarta/transjogja/minibus/dsb? namun itu yang saya tidak habis pikir kenapa si pacarnya itu meninggalkannya sehingga muncul pelajaran Gaya yang dipelajari 1 tahun ga selese2 buktinya di SMP ada di SMA ada lagi dan harus saya pelajari sampai bosen, namun saya sekarang tau jika itu tidak terjadi maka saya hari ini tidak akan menuliskan ini(sekerdar selingan).

Nah ini anda mungkin masih ragu dengan adanya sebab akibat karena mungkin anda pernah mengalami yang namanya miracle atau keajaiban. Namun jika kita telusuri keajaiban itu tidak mungkin datang dengan sendirinya pasti ada sebab dan akibatnya. Anda mungkin pernah bahkan sering mendengar orang yang divonis mati dalam beberapa bulan lagi atau minggu bahkan hari justru hidup dan umurnya panjang, ya ini memang miracle namun jika kita maknai maka miracle tersebut pasti ada sebabnya, alkisah ada seorang kaya dia divonis hidupnya hanya tinggal beberapa hari lagi kemudian dia pasrahkan kepada Allah,”ya Allah jika memang umurku tak lama lagi maka ampunilah dosa2ku, namun jika umurku panjang aku akan berbuat baik”, maka pada saat itu pula dia berpikir umurnya bukan sehari lagi namun beberapa hari lagi dan dia pun merasa bahwa umurnya panjang sampai beberapa hari lagi kemudian dia berbuat baik dan menyedekahkan sebagian hartanya, sampai saat akhir hidupnya tiba justru dia tidak mati bahkan sembuh dari penyakitnya malah umurnya menjadi panjang. Dalam kisah tersebut we must have think that is a miracle, ya itu memang keajaiban namun jika kita telusuri maka itu ada sebabnya ya yang pasti dan yang utama itu adalah kekuasaan Allah dan juga karena sedekahnya kata orang sedekah itu bisa memperpanjang umur, namun ada sebab yang lebih logis lagi yaitu sugesti atau SQ(spiritual Question) ini saat orang tersebut berdoa saat itu juga ada dorongan untuk menjadi sehat kemudian dorongan itu direakisasiakan dengan sedekah maka akibatnya dia percaya bahwa umurnya panjang pada akhirnya tubuhpun percaya kemuadian menjadi sehat kembali.

Kalo anda pergi ke pengobatan alternatif yang notabene ga masuk akal sebenarnya anda sedang menggunakan kecerdasan spiritual atau sugesti anda, mungkin jika anda pergi ke dokter yang mahal sekalipun jika anda tidak percaya akan sembuh maka penyakit itu tidak akan sembuh. Pada saat perang Badar I perbandingan tentaranya 10:3 pasukan islam saat itu juga pesimis akan menang karena jelas kalah jumlah, pemimpin mereka berkata, “mereka sangat banyak namun kita punya Allah yang akan membantu kita”, saat itu juga seluruh pasukan bertakbir percaya sepenuhnya kepada pemimpin mereka alhasil beberapa waktu kemudian pasukan Qurais yang jumlahnya lebih banyak lari kocar kacir ketakutan(dalam sejarah pasukan islam hampir selalu kalah jumlah dengan musuh namun jumlah kalahnya sangatlah jauh ketimbang menangnya ). Tubuh kita sama dengan pasukan perang tadi, diibaratkan kita adalah pemimpin dan tubuh adalah pasukannya saat kita mengeluh maka tubuh kita pun akan megeluh oleh sebab itu Rasululloh selalu mengingatkan agar umat islam tidak pesimis dan selalu optimis.

Kembali ke sebab akibat, adanya sebab dan akibatnya bukan hanya ada di dalam kegiatan namun alam juga ada sebab akibatnya. Gunung Merapi meletus kemudian juru kuncinya bilang,”ini si Merapi sedang marah aku akan naik untuk meredam kemarahanya” wah toeng????? Yah itu mungkin terjadi karena adanya azab Allah karena mungkin adanya banyak persyirikan di daerah tersebut namun jangan kita diberi akal oleh Allah agar kita juga berpikir secara rasionalnya. Terjadinya gunung meletus bukanlah hal yang terjadi secara tiba2 melainkan disebabkan adalanya aktivitas vulkanik yang terjadi di dalam bumi(maaf geografi saya selalu dapat 6,7 tak pernah lebih dan tak bisa ditawar jadi harap maklum). Sama halnya gempa itu terjadi bisa karena 3 sebab eh 4 mungkin ya, yaitu adanya aktivitas tektonik, aktivitas vulkanik, aktivitas tekto-vulkanik dan yang ke-4 karena penduduknya banyak maksiat he..he..he. Suket misal mungkin orang akan berpikir aneh ga di tandur kok ya bisa tumbuh sendiri atau jamur atau panu ya itu sudah jelas karena orang ga pernah mandi.

Ya itulah sebab-akibat tidak ada di dunia ini yang lepas dari yang namanya sebab akibat, orang miskin karena tidak mau berusaha atau bisa karena usahanya kurang maksimal atau juga kurang kreatif, orang kaya karena selalu berusaha atau kreatif atau punya harta warisan atau nikahi janda kaya he...he...he..., asalkan kita berpikir sebenarnya tidak ada yang mustahil di dunia ini karena pasti ada sebabnya. Nabi juga pernah bersabda bahwasannya orang yang berteman dengan pandai besi maka akan mendapat baunya, dan orang yang berteman dengan pembuat minyak wangi maka akan mendapat wanginya nah sebab akibat juga. Gimana kalo mukjizat, mukjizat itu kelebihan yang diberikan Allah hanya kepada Nabi dna Rosul, namun tidak mungkin Nabi dan Rosul menunjukan mukjizatnya tanpa suatu hal pikirkanlah.

Misal lagi seorang jatuh tjinta bukan karena fitrah belaka namun juga ada sebabnya. Banyak sekali sebab orang jatuh cinta seperti karena sering bertemu atau karena pandangan mata, nah tentang pandangan mata akan saya ulas di artikel selanjutnya. Nah itulah sekilas tentang sebab-akibat ada aksi pasti ada reaksi maka berpikirlah sejenak sebelum berbuat agar akibatnya tidak merugikan.




By Choerin Amry
7:11am, May/20/2012



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

ke atas