Kreatif

Kreatif itu bukan dari mana orang menilai diri seseorang, kreatif adalah bagaimana diri seseorang dapat meciptakan sesuatu yang membuat senang dirinya sendiri. Jadi orang kreatif ga susah koh, banyak cara untuk itu. Kalo kita liat sesuatu yang kurang srek bagi kita kemudian kita rubah sesuai keinginan kita, itu saja sudah dibilang kita adalah orang kreatif. Mungkin dalam teorinya menjadi orang kreatif itu agak ribet tapi praktiknya sangatlah mudah. Yang terpenting untuk menjadi orang yang kreatif itu :
1. Jangan pernah terpengaruh oleh perkataan orang
2. Selalu tau waktu
3. Percaya diri
4. Selalu up to date

Jangan pernah terpengaruh oleh perkataan orang lain. Masa bodoh orang bilang apa yang penting kita menyenanginya. Penilaian orang itu relatif, ga semua orang akan berpendapat sama. Kalo kita ingin jadi orang kreatif jangan pernah mendengarkan perkataan orang lain yang tidak sesuai dengan kemauan kita. Namun ada kalanya kita memang harus mendengarkan omongan orang lain, akan tetapi perlu diingat bahwa perkataan orang tidak selalu benar adanya. Mendingan perkataan orang lain kita jadikan reverensi terlebih dahulu, agar kedepannya kita tidak terpengaruh orang lain.
Mungkin kebanyakan orang berpendapat bahwa kreatif itu adalah bakat seseorang, atau bawaan dari lahir yang diturunkan oleh orang tua kepada anaknya. Namun kita perlu mengkaji lebih dalam bahwa semua orang bisa menjadi orang kreatif. Kalo kita tahu sejarah Thomas Alfadison, kita tau bahwa dia selalu menciptakan sesuatu yang aneh, bukan hanya itu orang disekitarnya pun selalu mengejeknya ketika mendapati dia menciptakan yang aneh aneh. Walaupun begitu thomas alfadison tidak pernah terpengaruh omongan orang, kalo memang itu yang dia inginkan kenapa harus dengarkan perkataan orang. Namun dari modal itulah Thomas Alfadison menjadi sesorang yang dikenang karena ciptaannya itu.
Selalu tau waktu. Apa hubungannya? Mungkin memang hubungannya agak jauh namun perlu diketahui bahwa waktu itu tidak pernah akan kembali dan terus berlanjut. Satu detik yang lalu itu saja tidak mugnkin bisa terulang, maka dari itulah waktu sangatlah penting. Trus hubungannya apa? Lah ini kalo orang kreatif tak tau waktu bagaimana bisa maju dengan pikiran yang kreatif itu, mubah hukumnya.
Orang yang kreatif itu selalu dituntut serba cepat agar tidak tertinggal dengan perubahan zaman yang kian lama semakin cepat. Jika kita terlalu asyik akan apa yang kita perbuat sekarang maka kita akan teringgal jauh. Bolehlah kita mem,buat suatu yang mengasyikan akan tetapi jangan pernah berhenti di tempat itu, tapi berpindahlah ke tempat yang leih asyik lagi. Asyik disini bukan berarti bersenang-senang, foya2, riya dan sebagainya, orang kreatif itu tidak pernah mengenal hal demikian, karena jika kita sudah masuk kedalam hal itu maka akan sulit untuk keluarnya.
Kembali ke pembahasan, bahwa waktu itu sangatlah penting. Dalam dunia bisnis waktu diibaratkan uang, dan waktu itu berlari bukan berjalan,bagi seorang bisnismen yang maju ga da kata mengolor waktu, sekali waja waktu ngaret bisa-bisa kehilangan client dan proyekpun gagal. Mungkin seorang Bilget tidak akan jadi orang terkaya didunia jika kesehariannya hanya tidur di rumah dan seorang Sokarno tdak akan bisa memerdekakan Indonesia dari penjajahan jika dirinya tidak pernah memproklamasikan kemerdekaan di saat Jepang mengalami kemunduran.
Dalam Quran Surat Al Insyiro ayat 5-7 dijelaskan :




5. karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.
Dalam ayat ini dijelaskan terutama di ayat 7 bahwa setelah melakukan urusan segera melakukan urusan yang lain.
Percaya diri. Seorang yang kratif itu punya kepercayaan diri yang besar. Untuk menciptakan sesuatu kita harus percaya diri, maksudnya percaya bahwa kita mampu untuk melakukannya. Jika kita berbuat jangan pernah melakukannya setengah2, selesaikan benar2 sampai tutas, inilah kuncinya percaya diri harus benar2 ditanamkan dalam diri kita. Jika kita tidak percaya diri biasanya pekerjaan tidak pernah selesai, sebagai contoh seorang yang sedang mengerjakan sesuatu kemudian dengar perkataan orang yang tidak baik biasanya cenderung meninggalkan pekerjaannya itu, inilah salah satu contoh negatif kurangnya percaya diri.
Dalam suatu perusahaan kepercayaan selalu dijunjung tinggi. Untuk mendapatkan kepercayaan dari clientnya perusahaan harus dapat mempromosikan produknya. Nah untuk mempresentasikan sebuah produk seorang bisnimen harus percaya diri agar produknya dapat terjual. Untuk membangun relasi, seorang bisnismen juga harus memberikan kepercayaan yang baik kepada relasinya.
Seorang Soeharto tidak mungkin bisa mendapatkan pangkat Jendral jika dirinya tidak percaya pada dirinya sendiri. Kalo kita selalu tergantung kepada orang lain maka jangan pernah berharap akan bisa cepat maju. Mungkin jika Indonesia tidak ketergantungan dengan negara lain Indonesia bisa lebih maju dari pada sekarang. Hanya saja untuk awalannya memang ada resikonya yaitu kita akan merasa kekurangan namun dari kekurangan itu akan muncul kelebihan karena bila kita cermati kebanyakan dari orang akan berusaha menutupi kekurangannya denagn segala cara. Sebagai contoh orang yang kelaparan akan berusaha mencari makan bagaimanapun caranya.
Selalu up to date. Yang namanya info di zaman kini ga sulit justru sangat gampang. Kita yang berada di Indonesia saja dapat mencari info di Eropa hanya beberapa jam saja bahkan beberapa detik. Seorang yang kreatif tidak akan meniru karya hasil orang lain, inilah fungsinya informasi. Kita harus selalu tau info terkini , salah2 apa yang kita ciptakan ternyata sudah dibuat oleh orang lain, g salah sih tapi kurang memuaskan.
Mungkin seorang yang membuat Google tak pernah terpikir sebelumnya bahwa search enginenya akan sangat laku di di dunia maya, namun pasti sebelumnya dia juga pernah berpikir bahwa ini sangat di butuhkan bagi orang banyak.
Jika kita ingin karya kita dihargai orang dan dapat digunakan orang banyak, maka kita harus tau info terbaru mengenai apa yang orang gemari. Bukan hanya yang digemari saja tapi juga yang menarik bagi orang lain serta yang sedang tren dimasa kini. Itulah sebabnya informasi sangat penting bagi seseorang.
Kesimpulannya semua cara2 diatas tidak akan berguna jika tidak ada kemauan yang pasti dari diri seseorang. Asalkan ada kemauan cara2 di atas tidak usah dipergunakan kita bisa menjadi orang yang kreatif dengan membuat cara2 sendiri menurut pemikiran sendiri.

Prof. Dr.M.Choerin A, MT.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

ke atas