Hepi nyenyak eh maksude happy new year

Assalamualaikum,

           Bukan hepi nyenyak loh y tapi happy new year, tapi sapa sih hepi?, hepi salma?, hepi kurniawan maning, kayane tahun baru si hepi bener2 tidur gasik. Wah tanggal 1 January nih, terus kenapa? Kaya ga biasanya aja tanggal 1 tapi apa sih yang jadi hebohnya di Indonesia menjelang tanggal 1 January. Ya semua juga tahu tanggal 1 January adalah hari pertama setlah pergantian tahun sebenarnya bukan 1 Januarinya tapi lebih ke malam pergantiannya. Seingat saya kyane liat kembang api itu baru 2 kali yaitu tahun baru kemarin dan tahun baru sebelum kemarin itu juga di rumah soale kamarku ada di lantai 2 dan sangat strategis lokasinya, sebelah utara mandan kiri ada GOR kanan dikit Unsoed ke timur UMP, tenggara sokaraja tahun baru kemarin aku bisa lihat dari segala penjuru, aku ga kemana tahun baru malezz di rumah bisa liat dari berbagai penjuru tapi mending tidur paling besognya sampah berserakan(budaya jelek). Kayaknya tahun baru ini ga begitu banyak jika kita masih mengingat isu kiamat 2012, y mungkin saja kan gara2 2012 kiamat jadi sebel tuh sama tahun 2012.

           Seperti hanya biasanya saja pasti anda akan melihat banyak sekali peramal yang meramal 1 tahun ke depan. Jangan percaya mending tukan ngibul wong yang peramal juga kalo ditanya g semua bisa jawab matinya dirinya sendiri kapan, seperti halnya mama Lorence yang sudah almarhum dia sebelumnya meramal tentang 2012 tapi wong dia sendiri juga meninggal sebelum 2012. Kalo semisal tahun 2012 kiamat apa yang bakal kalian perbuat???? Itukan hanya ramalan suku maya, tahu nggak terkadang omongan orang dahulu itu biasanya bener, bener apanya y bener nyumpahinya seperti malin kundang itu sebenarnya diramal jadi batu dengan disumpahi jadi batu jadi kalian semua sebenarnya bisa ngramal dengan apa ya dengan nyumpahi orang aja, tapi jangan ding dosa.

           Setelah sudah(seusai, habis, lebaiiii) 1 tahun lamanya ternyata selesai juga tahun 2011 ini. Jika kita lihat kebelakang selama setahun ini maka akan kita rasakan bahwa waktu berjalan sangat cepat. Banyak sekali hal yang sudah kita lakukan sadar maupun tidak sadar, apa lagi jika kita lihat negara saat ini ditahun 2011 banyak sekali kejadian dari mulai kasus jembatan ambrug sampai korupsi yang ga pernah ada matinya(kayane) diperbincangkan dari muali keluarga sampai politik. Jika kita bicara politik maka ga da selesainya, jadi teringat omongane Pak Agus,”ngger ngomong cinta(kyane gitu) sedina rongdina ora bakal rampung kaya ngomongi hal gaib” mungkin seperti itu saya lupa pastinya. Kasus penembakan oleh oknum berwenang sering terjadi sampai ada opini mengatakan “peluru dari rakyat untuk rakyat”(jiplak dari harian Republika), memang sih kayanya ga mungkin jika hidup itu benar2 tentram, anda masih ingat sejarah coba kita lihat k belakang maka sepertinya tidak pernah kita dengar sedunia tidak ada perang, pasti akan selalu ada mungkin di daerah ini tentram namun di daerah lain pasti dan jelas pasti ada peperangan(paling ora keributan, bentrokan dsb). Yang namanya perkelahian itu memang sudah sifat manusia, kalo semisal semua tentram ayem terus apa yang bakal diperbincangkan. Allah berfirman dalam QS. AlBaqoroh:

           ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

           Yang perlu kita sekarang lihat adalah yang digaris bawahi ayat diatas bahwa sesungguhya para malaikat sudah tau kalo manusia itu sifatnya membuat kerusakan dan menumpahkan darah(perang berkelahi dll). Kalo kita lihat juga jika tidak ada perang maka teknologi juga akan berkembang lambat, coba kita pikirkan seperti halnya internet awalnyakan muncul karena untuk membantu agar lebih mudah dalam perang, apa lagi coba, ehm makanan kaleng soft drink dulunya ditemukan karena peperangan di daerah musuh dan membutuhkan makan namun ternyata makanan tidak bisa bertahan lama kemudian terciptalah keleng sebagai penyimpan makanan, ada lagi sekarang mungkin sudah banyak nelayan yang tangkap ikan pakai radar dulunya radarkan untuk mendeteksi kapal musuh yang masuk wilayah perbatasan banyak sekali bahkan hampir semua barang teknologi tercipta karena ada peperangan di Amerika justru yang menguasai teknologi adalah pertahannannya. Kita lihat saja negara2 maju hampir semuanya mempunyai record(rekaman, masa lalu) yang tak lepas dari perang, contoh saja Amerika hingga sampai sekarang masih mencoba militernya karena kenapa, untuk memperupgrade terus teknologinya agar terus berkembang, memang ada negara yang teknologinya berkembang tanpa peperangan tapi kita sedang membahas itu.
           Jauh dari tema kita kembali ke tahun baru sudah banyak sekali kejadian ditahun sebelumnya, dari kematian pemimpin2 seperti Khadafi sampai yang baru ini pemimpin Korea Utara Kim Jong-il. Bukan hanya itu saja masih banyak sekali peristiwa di tahun 2011. Nah sekarang keluar dari itu semua, ditahun baru sering bukan sering mungkin lebih tepat budaya bukan hanya di Indonesia namun juga di negara lain juga ada yaitu meniup terompet saat tahun baru namun anda tahu ga sih kenapa terompet? Jadi begini sebenarnya terompet itu adalah akal2an orang yahudi yang memperingati akan kedatangannya hari akhir dimana malaikat Isrofil meniup terompet sebagai tanda hari kiamat, itu hanya sekilas saja.
           Nah itulah sekilas dari tahun baru namun yang ditekan disini adalah budaya, jika kita lihat disini banyak sekali sisi negatifnya. Hanya sekedar mengingatkan budaya tahun baru jelas bukan budaya kita tahun masehi memang sedunia namun perlu dilestarikan bahwa kita juga punya tanggalan yaitu tanggalan Jowo jangan sampai terlupakan.

           Choerin 10.40pm, 29 Des. 11

Comments
2 Comments

2 komentar:

alchoer mengatakan...

Hepi namamu tek pake yo!

alchoer mengatakan...

@AMRI
yoyoy

ke atas