HUJAN

Hari Minggu 15 Mei 2011
      Aku berangkat ke sekolah dengan menaiki sepeda kuning kepunyaanku Saat itu bukan karena tidak disengaja aku ke sekolah tapi karena memang mau latihan karawitan. Sudah dari kemarin memang latihan terus, namutariannya bel tariannya belum jadi juga.
      Aku berangkat sekitar jam 9 dari rumah, saat itu aku lewat GOR(Gelora Satria Purwokerto ngger pad ora ngerti), biasanya lewat jalan yang ke pasar wage tapi pengin lewat GOR yang sebenarnya jaraknya lebih jauh. Saat terlewat Gor aku lihat sekelilingku,"wah banyak warung makan, pangling jarkune baru kemarin nyong lewat sini cuman setitik warung makane koh". Dalam hati aku berpikir apa orang Purwokerto pada kelaperan y? sampe-sampe warung makan berjejer-jejer. Padahal 3 bulan yang lalu warung makannya baru ada beberapa saja tapi sekarang udah ada banyak.
      Aku tau kalo hari minggu pasti rame di Gor pa lagi dengan adanya pasar mingguannya + bursa mobil. Kemudian aku jalan lagi sampai deket perempatan aku lihat gedung yang lagi dibangun, di situ terdapat geber bergambar dan tertulis akan dibangun hotel bintang 5 dan pusat swayalan(mall). Aku kira baru 4 bulan yang lalu namun sekarang udah sampai lantai 5, termasuknya cepetlah. Saat lampu merah terlihat alat kontruksi yang tinggi banget dan bergerak ke sana-sini, aku masih bingung gimana cara menaruh tiangnya kalo alat yang diatasnya ada 5 beton, padahal awal aku liat tingginya ga tinggi banget sekarang tingginya nambah, masang besi-besinya gimana y?

       Trus aku jalan lagi setelah lampu merah menjadi hijau, rasanya sedikit panas karena pohonya udah di tebangi. Dulu jalan dari perempatan DKT sampai perempatan Dr. Angka pohonnya tinggi-tinggi (pohon beringin)tapi tahun lalu pohonnya di tebangi dengan maksud mengurangi kemacetan(macet karena banyak makhluk ego dengan menaiki mobil sendirian ikut grombol di tengah jalan). Aku masih ingat dulu saat aku SD(aku sekolah di Al Irsyad 2 Pwt) pada hari sabtu sewaktu ektrakurikuler jika lagi ga lewat kali aku naik sepeda ke lapangan veteran rasanya seperti di hutan sejuk nan rindang(aku ikut extrakurikuleer JetKunDo), yang mengajariku itu bernama Suhu Annas, namun dia pergi ke Jakarta saat aku kelas 6 awal, jadi saat itu aku ga ikut lagi dan ikut extra badminton. 
       Jalan masih diteruskan aku menoleh ke kiri melihat bangunan yang hampir jadi. Bagunan itu adalah RS Elisabet, bangunan itu sudah dari berbulan-bulan yang lalu. Padahal sebelum dibangun RS itu dulunya adalah sawah, aku pernah di ceritakan saat aku masih SD ada seorang temanku jatuh kesawah dari jalan saat jalan sehat(biasanya setiap pagi SD Al Irsyad jalan-jalan dulu). Sekarang sawah itu sudah jadi RS Elisabet, padahal RS Elisabet sebelumnya juga sudah cabanganya di Purwokerto yaitu sebelah susteran. Aku kurang tau maksud pembuatan RS tersebut mungkin karena RS yang lama kurang besar, mungkin agar orang yang sakit bisa lebih mudah karena yang lama berada di jalan perboden. mungkin juga tempat yang lama kurang strategis, atau kalo makin besar untungnya makin banyak atao dengan maksud yang lain (ah ga tau g urusan yang jelas RS ini termasuk yang tidak aku senangi karena aku jadi ga bisa lihat sawahnlagi). Yang aku pertanyakan apakah maksud RS ini adalah menganggap orang Purwokerto cileren jadi gampang sakit, padahal RS di Purwokerto itu udah ada banyak.
      Kemudian aku noleh ke kiri aku lihat bangunan yang sudah lama tapi masih dikunjungi ya itu adalah Dynasti Hotel. Hotel bintang 5 ini memang sudah lama dan banyak yang berkunjung ke sini. Tentang hotel ini aku ga begitu mau berpendapat cuman ya apa orang pada ga punya rumah y? hotel di Purwokerto itu ada lebih dari 5 buaaanyaaknyee.
       Trus sampe deh di Sekolah tapi ternyata belum pada datang, ku cuman liat anak kelas IA 2 sedang main karwit dan saat anak kelas IA 5 main karwit aku ikut ja lah sambil nunggu kelompokku datang.
 
trus........bla.......hujan.......di rumah babaheh.......balik ke solahan kehujanan........main karwit lagi bareng klompok......liat 3cewe krudungan(sekilas ora begitu jelas)........lathian nari (mandan geje ra semangat......pada bali(pesimis deleng klompok 3 apik bgt kompak semangat)......

       Alkisah aku pulang ke rumah dari sekolahan pukul 4.55 pm saat itu sudah reda hujannya namun masih rintik-rintik. Jalan terus (dalam hati tadi aku pamitan sampai jam 4 mesti bakal sampai rumah jam 4 nih jadi tepat waktu) eh ternyata baru sampai kebondalem hujan deres, aq berhenti di tempat pemberhentian kol(biasa nggo ngetem. Trus jalan lagi berhenti lagi di sebuah warung tutup(y udahlah jgn dilanjutin hujannya makin lama makin deres banget)aku berhenti lama di situ. Tiba (breeemm) ada orang naik motor matic ikut berteduh "(nyengir)deres banget y"
"nggih ko pak"(ya karo wong tua ya mandan basa)
"rep bali ora gawa mantel"(nyopot helm)
"he'h"(nyengir(ktone wong enom tapi rambute butak))"bade pudi mas?"
"ngono sokaraja, kye sekang bangun elisabet anyar"
dreeessss.....(udan deres)
(mbuh ngomong pa klalen)
"mas niku ekisabet rampunge kapan pak?"
"jere,jerene wong jero ya..."
"e eh"(ngangguk)
"taun kyelah"
"kalih paviliun margono gedean pundi pak?"
"mbuh geh ktone y pada,"
"tingkat pinten si ya pak?"
"siki wis nganti tingkat...."(ora tek kruokna ra penting)
"y wonten lift y pak?"
"iya wong rencana rep ditingkat 6"
"woh akeh bgt"
.......muter......ngomong,,,,,ora genah......
       Aku melihat tempat sebuah rentalan kaset pinggir jalan di depan pintunya di tulis untuk peminjaman film bertuliskan SHM menjadi hal milik(maksude apa y? apa saham, tapi masa iya cuman minjem kaset bertuliskan itu, atao harga minjemnya mahal bgt?
(lanjut mbuh ngomong apa awale)
"sekolah angel banget ya siki"
"iya"(iya ni bae wong aq juga nyadar di kelas 2 mandan sesusahan)
"aku jere keponakanne"
"sing penting tah gurune pak, wong gurune wis tua-tua"(iya genah koh pak O2 sing mbebeih ganu kimia aku pernah dapat nilai sempurna 2x, tp klas 2 nilai 7 mbe anjel mbuh-mbuhan mudeng sing penting bukune na nomer pr salah bener ra ngerti ben ora di ciwit)
"ya wong siki sing duwur-duwur pa pane ngo duit","jene ngger Undang-undange dijalana bener ya gampang","jenne kan ger UU dijalanna mesti anake wong sugih akehe ra pada bisa mlebu sekolah vaforit","padahal akeh-akehe wong sing pinter malah wong ra duwe ya"
"pak sing penting kan weteng ngger weteng ke isi ya sedoyone lancar"
"wong nganggur siki mbok akeh"(aduh suwe-suwe mlebu politik aku juga di sekolah politike ra dadi, mugane aku pengin jajal bisnis bae)
"pak kerjane napa?"
"kuwe nganuni bangunan"
(rambute butak mesti mandor ngger ra arsitek)"mandor nopo pak"
"ya ra kuli bangunan"(toeng klmbine apik bgt ngomonge y duwur, memang kata orang, orang indo itu cuma bisa banyak ngomong)
"pak siki hotel akeh bngt pa laku y?"
"sebelah ngana bumiayu, ngono kebumen, ngana purbalingga, wong teka ngene cepet banget entong duite, ya iya wong mingene plesir tok delat2 ming hotel, y laku"
"'eh "
"wong wingi aku nembe weruh abg nang ngrep dynasti sore2""jrene bakul ngono wis saben sore kuwe ngko na om2 cawit taun wingi"
"hah"(mau ngapa?)
"ya wong uwong ya, wis diwehi sangu, motor, kos-kosan, wong pengine foya-foya""jajal diitung bae 10th maning ya rusak mbok"
masyaAlloh ternyata akeh sing nyong rung ngerti
(duh udane deres bgt suara gamelannya trus nempel di telinga g mau berhenti)
"deleng bae siki ngger wong kerja nang pwt ora ana sing pwt asli, jajal ngger tkon wong Purbalingga langka wong nganggur"
"tapi jrene Purwokerto termasuk sing perekonomiane cepet"
"y cepet tapi langkakan sing pekerjane sekang pwt psti kan luar, ya misal y ger na atuaran 50-50luar pwt dan dalem pwt sing kerja ya makmur)...
....ngomong akeh.....hujane grimis.....pamit ,,......bali....

      Tadi aku bertanya-tanya namun sudah terjawab oleh tak dikenal, subhanalloh tapi knapa ya Allah klo minta biasanya aq g diberi jawaban tapi saat aku g urusan malah ada jawabannya. Bukan main rupanya Purwokerto sekarang makin lama menjadi kota metropolitan.
       Aku pulang lewat trotoar sesekali lewat jalan. Karena masih hujan aku mandan ngebut tapi karena klo kena air giginya susah diganti jd genjot cepet tetep bae ra banter. Sampe lampu merah aku lihat abah nyelip, aku ga tau abah tau ga klo aku ada di belakang abah persis. Trus jalan sampe di deket billy toys aku naik ke trotoar tapi rodane masuk selokan jarkene kepleset jadi tek belokin stange tapi malah bengkok. Saat itu aku berpikir g munkin jatuh pasti bisa(ksombonganku kluar aku pernah jatuh dan aku ga akan pernah jatuh lagi). braaggg.... Aku jatuh nyrempet paving rasanya mandan pegel di dengkul untung pake clana jin jadi g kanapa2. Aku kira bakal ada yang menolongku, ternyata tidak ada sapa2 hanya barisan mobil  yang menunggu lampu hijau. bagian atas mata kakiku dan jari telunjuk kaki luka kemudian aku siramkan air yang macur, trus aku jalan eh malah keluar darahnya. Aku pulang jalan kaki seperti orang yang nglangsani, sempet aku merenung kejadian sebelumnya dan aku juga berpikir jika saat itu adalah aku dimana aku tidak dengan orang tua lagi dan jalan entah kemana begitu malanya, ake terus merenung sampai rumah.
Comments
1 Comments

1 komentar:

alchoer mengatakan...

hoi...hoi...

ke atas